Kota Yang Istimewanya Tak Lekang Oleh Waktu

Artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai keistimewaan yang ditawarkan oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Siapa yang belum mengenal Yogyakarta? Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi ini sangat istimewa karena kehidupan keraton dapat berdampingan secara serasi dengan pemerintahan yang ada saat ini. Keistimewaan tersebut membuat Yogya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan daerah maupun mancanegara.

Mengapa Yogyakarta Menjadi Salah Satu Daerah yang Istimewa?

Yogyakarta atau yang biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Jogja merupakan salah satu dari tiga puluh tiga provinsi yang ada di Indonesia. Jogja ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah dan masih menjadi destinasi favorit masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. Jogja juga dikenal sebagai daerah istimewa, bukan tanpa alasan Jogja mendapatkan istilah tersebut. Berikut ini beberapa alasan Jogja mendapatkan istilah atau julukan daerah istimewa.

  • Sejarah Istimewanya Yogyakarta

Sebelum Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, negeri ini harus berjuang melawan kesewenang-wenangan dari kaum kolonial. Bukan hanya satu negara, namun banyak negara yang berusaha ingin menguasai kekayaan alam yang ada di Indonesia. Saat Indonesia masih dijajah, negeri ini masih terpecah atas banyak sekali kerjaan. Salah satu kerajaan yang ada di Indonesia terletak di daerah Jogja.

Daerah Jogja hingga sekarang memang masih memegang teguh tradisi kerajaan. Zaman dahulu terdapat kerajaan Ngayogyakarto Hadiningrat serta Pakualaman yang berkuasa di daerah Jogja. Namun kerajaan ini mendukung dan bersedia bergabung dalam terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setelah bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, daerah Jogja tetap memegang teguh tradisi kesultanan dan dipimpin oleh sultan. Hal tersebut juga dikuatkan dengan amanat sultan yang berisi tentang keistimewaan daerah Jogja.

  • Pusat Pemerintahan Berada di Bawah Kendali Sultan

Amanat yang dibuat oleh sultan menguatkan bahwa Jogja masih berada di bawah kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Hal ini tentunya berbeda dengan daerah lain yang sudah dipegang atau dipimpin oleh masyarakat sipil yang dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu. Amanat ini juga menegaskan bahwa daerah Jogja menjadi daerah istimewa yang bersifat kerajaan dengan kekuasaan dan kendali penuh dari sultan. Keistimewaan ini pun disahkan melalui Undang-Undang Republik Indonesia dan didukung oleh presiden Indonesia saat itu, Ir. Soekarno.

  • Diakui secara Sah dan Legal Melalui Undang-Undang

Para pendiri bangsa Indonesia atau dikenal juga dengan founding fathers mendukung isi amanat dari Sri Sultan yang menginginkan Jogja menjadi daerah istimewa. Hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 34 tahun 2004 tentang daerah istimewa Yogyakarta.

Semua yang Istimewa Ada di Jogja

Bukan hanya namanya saja, namun Jogja memang istimewa dari dalam maupun luar. Tuhan seperti melebihkan waktunya saat menciptakan Jogja. Kota sejuta kenangan ini akan selalu membuat pengunjungnya rindu dan ingin selalu kembali ke sana. Banyak sekali jenis wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Jogja.

Selain dijadikan sebagai destinasi wisata, Jogja juga mendapatkan julukan kota pelajar yang menjadi salah tujuan saat menuntut ilmu. Begitu istimewanya Jogja membuat semua yang datang ke sana terpesona dan terbius oleh keindahan Jogja. Berikut ini beberapa wisata yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke Jogja.

  • Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah

Jogja menjadi salah satu daerah yang kaya akan warisan sejarah baik itu dari zaman kerajaan, zaman penjajahan yang kini masih tersimpan apik dan rapi. Bangsa yang besar bukan hanya dari kemampuan finansial maupun ukurannya namun dari kemampuan warganya dalam menghargai sejarah. Masa lalu merupakan salah satu tahapan yang dapat menentukan masa depan. Oleh karena itu jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Jogja menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mengenang berbagai peristiwa sejarah. Banyak sekali destinasi wisata sejarah yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Jogja. Banyak terdapat museum yang dapat dijadikan tempat dalam menambah pengetahuan mengenai sejarah negeri selama masa perjuangan, sejarah kebudayaan batik, sejarah agama Islam, sejarah kerajaan dan sebagainya yang dapat menjadi salah satu wisata edukasi bagi masyarakat. Selain itu juga di Jogja terdapat Candi Prambanan yang dapat menggambarkan betapa cerdasnya masyarakat zaman dahulu dalam membuat suatu bangunan.

  • Kota Budaya dengan Sejuta Kenangan

Budaya masyarakat Jogja memang sudah dikenal oleh para wisatawan. Banyak budayawan yang lahir dari kota yang satu ini. Setiap sudut kota pun ditata dengan apik dan tanpa menghilangkan unsur budaya yang kental di masyarakat Jogja. Keraton kesultanan pun sangat kaya akan unsur budaya di setiap sudutnya. Hal ini tentunya dapat memberikan kesan yang berbeda bagi para wisatawan yang berkunjung. Budaya yang sampai kini masih terpelihara dengan baik seperti sendra tari, menyanyi, batik, lukisan, ukiran, dan sebagainya. Pementasan tari Ramayana di Candi Prambanan yang rutin dilakukan merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya yang sudah dikenal oleh para wisatawan.

  • Jangan Abaikan Wisata Alam di Jogja

Selain keadaan sosial masyarakat Jogja yang sangat beragam, kekayaan alam di Jogja pun patut Anda nikmati. Jogja merupakan salah satu daerah yang menyediakan paket komplit untuk berlibur. Ketika Anda berlibur ke Jogja, Anda bisa merasakan indahnya gunung, laut, bukit, keramaian kota dalam satu wilayah yang sama. Jogja menjadi salah satu destinasi wisata lengkap bagi Anda dan keluarga yang penat dengan rutinitas sehari-hari.

Jadi ketika Anda berada di Jogja semuanya bisa Anda coba. Alam yang ada di Jogja memang menyajikan keindahan yang tidak bertepi sehingga membuat wisatawan sangat puas. Apalagi bagi Anda pecinta alam maupun backpacker yang ingin merasakan wisata alam yang lengkap dan murah. Biaya tinggal di Jogja tergolong cukup murah dan tidak akan membuat dompet Anda kehabisan uang.

  • Perut Kenyang, Liburan pun Senang

Kuliner di Jogja juga dapat membuat Anda puas dan senang karena memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan. Masih banyak yang menjajakan makanan tradisional seperti gudeg dan soto. Gudeg merupakan salah satu ciri khas dari Jogja yang menjadi buruan para wisatawan. Bagi Anda yang ingin makan mie pun ada mie ayam legendaris yang sudah terkenal di seantero Jogja karena kenikmatannya. Mie ayam Bu Tumini yang terletak dekat dengan terminal bis Giwangan akan memanjakan para penikmat mie.